Beberapa Hal Penting Tentang Spirulina Yang Harus Diketahui

Spirulina

Belakangan trend yang berkembang di kalangan kaum milenial saat ini adalah mengonsumsi superfood. Superfood yang dimaksud tersebut adalah Spirulina. Banyak orang lebih menyukai mengonsumsi makanan tambahan seperti spirulina, sebagai upaya mempertahankan kesehatan. Adapun spirulina meskipun sejenis food suplemen namun dikategorikan sebagai makanan. Spirulina juga memiliki purwarupa lainnya, misalnya sebagai masker wajah.

Kenali Dulu Apa Itu Spirulina

Spirulina adalah sejenis ganggang hijau yang berwarna kebiru-biruan atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama cyanobacteriae. Spirulina ini hidup sebagai organisme yang mampu tumbuh di dua jenis tempat yaitu air tawar maupun air asin. Pada dasarnya ini adalah jenis tanaman yang bentuknya menyerupai spiral melingkar, itulah maka disebut dengan spirulina.



Spirulina sebagai tanaman ganggang mempertahankan hidup dengan melakukan proses foto sintesis dengan cara memanfaatkan sinar matahari dan menghasilkan energy dari sinar matahari yang diserapnya.

Spirulina telah cukup dikenal secara baik dari zaman suku Aztec, yang sering memanfaatkan tanaman ganggang ini sebagai kandungan nutrisi terbaik dari beberapa makanan yang dikonsumsi oleh suku tersebut. Suku Aztec hidup di Amerika Tengah, tepatnya Meksiko, tempat di mana banyak sekali tanaman ganggang hijau ditemui di situ.

Dalam dunia modern saat ini, spirulina memiliki purwarupa yang lebih modern dalam pengolahan dan pengemasan. Spirulina bisa dimanfaatkan, sebagai bahan suplemen makanan berupa minuman spirulina, lalu digunakan sebagai masker wajah, serta dapat manjadi minuman coffe late yang nikmat.

Banyak jenis spirulina (ganggang hijau) yang hidup, namun spesies yang aman untuk dimanfaatkan hanya dua jenis saja, yakni: spirulina platenis (Arthrospira Platensis) dan spirulina maxima (Arthrospira Maxima).

Spirulina sebagai bahan makanan suplemen awalnya berasal dari tanaman ganggang berwarna hijau kebiru-biruan. Selain memiliki khasiat bagi kesehatan dengan cara dikonsumsi, maka spirulina juga memiliki fungsi lain yakni dapat menjaga kesehatan kulit.

Spirulina adalah suatu bentuk makanan suplemen (makanan tambahan) yang menyerupai Chlorella dan Aphanizomenon flosaquae. Spirulina terdiri atas dua bentuk, yakni: spesis cyanobacteria adalah Arthrospira platensis, dan Arthrospira Maxima.

Kenapa dunia kedokteran serta kesehatan mengijinkan memanfaatkan kedua jenis spirulina tersebut untuk dikonsumsi? Karena keduanya memiliki kandungan nutrisi yang bisa dikatakan cukup lengkap, yakni mengandung: vitamin A, B12, B1, B2, B3, B6, asam amino serta vitamin E.

Namun spirulina yang biasa Anda kenal di pasaran adalah bukan spirulina yang berfungsi sebagai produk penjaga kesehatan ataupun perawatan kulit, namun sejenis asupan bahan makanan yang dapat melakukan proses detoksifikasi tubuh. Tubuh yang dimasuki spirulina akan melakukan proses detoksifikasi secara mandiri.

Spirulina pacifica luxor


Khasiat Spirulina Bagi Tubuh


Beberapa manfaat spirulina yang dapat diperinci di sini adalah:
  1. Sprulina Sebagai Penawar Racun. Proses detoksifikasi akan berlangsung dengan sendirinya, ketika tubuh sudah menerima asupan suplemen spirulina. Beberapa racun dalam tubuh (detoks) akan diserap oleh spirulina, sehingga tubuh akan bersih dari pada racun.
  2. Sprulina Sebagai Imunitas. Spirulina mampu meningkatkan kadar dan sistem imunitas di dalam tubuh. Tubuh akan dengan sendirinya memiliki kekebalan yang diperlukan dalam menghalau beberapa penyakit yang masuk.
  3. Spirulina Sebagai Anti Inflamasi. Tubuh yang kehilangan system kekebalan (imunitas), biasanya akan mudah diserang oleh bakteri, virus ataupun jenis penyakit lainnya. Sementara kandungan spirulina mampu member efek anti-inflamasi tubuh dalam menghadapi berbagai serangan tersebut.
  4. Spirulina Sebagai Reduksi LDL. Spirulina yang dikonsumsi dengan teratur mampu menurunkan tingkat LDL atau lemak jahat.
  5. Spirulina Mampu Mereduksi Trigliserida Kolesterol.
Sama seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa selain LDL, maka spirulina pun mampu menurunkan kadar trigliserida kolesterol pada tubuh.

Beberapa Manfaat Lain


Sedikitnya masih terdapat 10 manfaat lain spirulina yang dapat Anda peroleh, ketika Anda dengan rutin mengonsumsi bahan asupan suplemen ini, selain dari beberapa khasiat bagi tubuh yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Manfaat lain spirulina tersebut adalah:
  1. Melembapkan kulit wajah
  2. Mencerahkan eksfoliasi
  3. Mengurangi hidrasi
  4. Menghilangkan jerawat
  5. Membantu kurangi kerutan wajah
  6. Menyamarkan sisa keloid dan bekas luka
  7. Mengilaukan kulit secara alami
  8. Membersihkan pori-pori
  9. Meremajakan kulit tubuh

Khusus bagi beberapa manfaat tersebut, adalah pada saat penggunaan spirulina dalam bentuk lain selain sebagai asupan suplemen makanan, yakni dalam bentuk masker wajah.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar